Bimtek dan Temu Lapang Kaji Terap Teknologi Bawang Merah

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Gorontalo, LiraNews – BPTP Gorontalo melaksanakan kegiatan Kaji Terap Inovasi Pertanian di Desa Ilomangga, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo yaitu penerapan teknologi bawang merah asal biji botani (True Shallot Seed disingkat TSS). Kegiatan ini di ikut oleh para penyuluh pertanian dan petani bawang merah di Desa Ilomangga dan sekitarnya.

Kegiatan “Kaji Terap” ini memfokuskan pada teknologi persemaian TSS bawang merah. Alasannya, karena merupakan tahapan yang paling penting dan sangat menentukan keberhasilan budidaya bawang merah asal biji dan persemaian. TSS merupakan tahapan yang menurut petani masih sulit dalam penerapannya di tingkat lapang.

Hasil Bawang Merah TSS ini sangat dianjurkan untuk dijadikan benih pada musim berikutnya, karena akan menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi, jumlah anakan dan hasil umbi yang lebih banyak.

Pada kaji terap di lokasi ini dilakukan persemaian TSS bawang merah varietas Badan Litbang Pertanian yaitu Varietas Trisula. Varietas ini baru pertama kali dikembangkan di Gorontalo, dan desa Ilomangga merupakan desa pertama yang mengembangkan varietas Trisula di Gorontalo.

Persemaian TSS di kegiatan ini, diujicoba dengan dua perlakuan yaitu 1)persemaian TSS bawang merah pada rumah semai menggunakan dapog/bak semai, dan 2)persemaian pada lahan bedengan di lapang.

Dari kaji terap ini diharapkan akan didapatkan rekomendasi teknis persemaian yang paling baik dan efisien baik secara teknis maupun ekonomis, serta terdiseminasikannya teknologi TSS bawang merah varietas Badan Litbang Pertanian kepada petani di Gorontalo.

Kegiatan Bimtek dan temu lapang ini bertujuan untuk mendiseminasikan inovasi teknologi TSS kepada petani dan penyuluh agar teknologi ini dapat berkembang dan mampu meningkatkan produksi.

Produktivitas dan pendapatan petani bawang merah di Gorontalo, karena penguasaan teknologi TSS ini sangat penting dan bermanfaat dalam budidaya bawang merah utamanya dalam penyediaan benih umbi yang bermutu.

Reporter: Abuzakir Ahmad

Thu Oct 10 , 2019
Jakarta, LiraNews – Wakil Ketua MPR RI dari Partai Demokrat (PD), Syarif Hasan menyatakan, partainya tengah mempersiapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menduduki menteri pada Kabinet Kerja jilid 2 mendatang. “Memang Mas AHY yang paling menonjol saat ini sebagai representasi dari kalangan milenial Indonesia,” kata Syarif di Kompleks Parlemen, Rabu […]